Alpukat??

| Selasa, 26 November 2013


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai buah Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 cm, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 cm.
Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.
Nah, sekarang kita bahas mengenai Manfaat dari buah yang satu ini.
Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.
Selain beberapa manfaat di atas, ada juga manfaat-manfaat lain dari buah ini, yaitu :

1.  Pencegah  Kanker Prostat
Alpukat merupakan salah satu nutrisi yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat.

2.  Pertahanan Dari Kanker Mulut
Penelitian  menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam alpukat dapat mencari tumbuhnya sel sel kanker mulut  dan menghancurkannya  tanpa merusak sel-sel sehat.

3.  Pelindung Dari Ancaman  Kanker Payudara
Alpukat memiliki kandungan  asam oleat, yang telah terbukti untuk mampu mencegah kanker payudara yang dilakukan dalam  berbagai penelitian.

4.  Kesehatan Mata
Alpukat memiliki lebih banyak  zat lutein karotenoid dibandingkan buah buahan  lainnya yang biasa kita konsumsi. Lutein mampu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak.

5. Kesehatan Jantung
Satu gelas alpukat memiliki 23 % folat dari jumlah kebutuhan folat dalam sehari-hari. Studi menuujukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan folat memiliki potensi yang lebih rendah dari serangan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya. Vitamin E dan lemak tak jenuh dalam alpukat juga bagus untuk jantung Anda.

6. Pencegahan Stroke
Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga mampu melindungi dari serangan penyakit stroke. Orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan folat memiliki resiko yang lebih rendah dari kemungkinan terserang penyakit stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan folat.

7. Sumber Vitamin E Terbaik
Alpukat adalah buah-buahan yang menghasilkan Vitamin E terbaik, vitamin yang sangat penting yang melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit dan membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Nah, gimana guys? alpukat memang menguntungkan dan memiliki banyak manfaat bukan? So, jangan segan-segan untuk mengkonsumsi alpukat!! J

Next Prev
▲Top▲